Mahasiswa KKN UNG Desa Limbato, Gelar Sosialisasi Bahaya Bullying di Tingkat Sekolah Dasar

Oleh: Wira Pratama Rumambie . 5 September 2024 . 18:21:58

FIS.UNG (Media Center) - Mahasiswa KKN Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Jurusan Administrasi Publik (AP), bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Zuchri Abdussamad dan Dr. Juriko Abdussamad, menggelar kegiatan sosialisasi tentang Bahaya Bullying kepada siswa-siswi, yang bertempat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 12 Tilamuta, Desa Limbato, Kabupaten Boalemo, Kamis (05/09/24).

Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk mengedukasi kepada siswa-siswi kelas 5-6 tingkat sekolah dasar, tentang bagaimana dampak buruk dari bullying serta upaya pencegahan dan cara mengatasi tindakan tersebut.

"Kami ingin adik-adik di sekolah dasar sudah memiliki kesadaran untuk tidak melakukan bullying, serta berani melaporkannya jika melihat atau mengalaminya," kata salah satu mahasiswa yang menjadi ketua pelaksana.

Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKN di Desa Limbato ini, merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat, sekaligus memberikan edukasi sejak dini kepada kalangan pelajar tentang bahaya bullying, serta mengajarkan pentingnya sikap saling menghormati dan empati terhadap sesama.

Kegiatan tersebut diawali dengan penjelasan edukatif terkait dengan apa itu bullying, jenis-jenis bullying, dan bagaimana dampaknya terhadap korban. Materi tersebut sengaja dihadirkan oleh mahasiswa, untuk memberikan pemahaman yang secara langsung mudah dipahami oleh kalangan anak-anak di sekolah dasar.

Salah satu mahasiswa yang bertindak sebagai fasilitator pada kegiatan tersebut, menjelaskan, bahwa materi ini sengaja disampaikan untuk mengantisipasi sejak awal terhadap adanya tindakan-tindakan bullying.

"Bullying bukan hanya tindakan fisik seperti memukul atau mendorong, tetapi juga bisa dalam bentuk kata-kata yang menyakitkan, seperti mengejek atau merendahkan teman. Bahkan, membiarkan bullying terjadi tanpa bertindak juga bisa berdampak buruk." tuturnya.

Kepada kalangan pelajar, mahasiswa KKN tersebut menjelaskan konsep bullying dengan bahasa yang sederhana namun tetap mengena, sehingga siswa-siswi dapat dengan mudah memahami pesan yang disampaikan.

Penulis : Amdi

Agenda

22 Mei 2024

Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

Jurusan Komunikasi UNG Akan Menggelar Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

17 Januari 2024

Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud

kegiatan Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud di Aula FIS dengan tema "Individual dalam Interaksi Antar Manusia"

17 Januari 2023

Pelaksana Upacara KORPRI

FIS sebagai Pelaksana Upacara Korpri di Lingkungan UNG

4 - 5 Desember 2022

Tracer Study dengan Temu Alumni

Sehubungan kepentingan peningkatan Point IKU maka dipandang perlu mengadakan tracer Study dengan Temu Alumni yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pohuwato pada tanggal 4 s.d 5 Desember 2022