Kreatifitas Mahasiswa Jurusan Komunikasi dalam Performance Talkshow

Oleh: Wira Pratama Rumambie . 7 Mei 2024 . 18:04:01

FIS UNG - Mahasiswa Semester IV Jurusan Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo baru saja menyelesaikan Ujian Akhir Semester (UAS) Retorika dan Public Speaking yang berlangsung di Pelataran gedung bersama FIS, Selasa (7/5/2024) pukul 14.00-18.00 WITA.

Setiap konsentrasi pada Jurusan Komunikasi memiliki mekanisme ujian yang berbeda, dimana sistem evaluasi tidak hanya merujuk pada ujian tulis, termasuk pada mata kuliah Retorika dan Public Speaking yang dilaksanakan oleh Dosen Fitrah Yusharyani Puluhulawa, S.Sos., M.A.

Jurusan Komunikasi, khususnya pada Mata Kuliah Retorika dan Public Speaking, menerapkan pendekatan ujian dengan simulasi sebagai praktisi public speaker pada suatu event.

Dalam UAS Mata Kuliah Retorika dan Public Speaking, para mahasiswa dibagi menjadi tujuh kelompok, yang terdiri dari tim Alfa hingga Golf. Setiap anggota dalam tim akan berkolaborasi menyuguhkan penampilan menarik mereka dalam bentuk Talkshow.

Ujian Talkshow ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan mahasiswa dalam memahami materi pembelajaran yang telah diberikan selama satu semester. Pembelajaran diantaranya terdiri dari penguasaan panggung, penyusunan naskah, pengelolaan kecemasan berkomunikasi (demam panggung), penyelarasan intonasi, tempo, artikulasi, ekspresi, dan kredibilitas sebagai seorang pembicara.

Bagi mahasiswa yang sedang mengikuti ujian, tidak diwajibkan untuk mengenakan seragam tertentu. Mahasiswa bebas berekspresi, sesuai dengan konsep Talkshow yang mereka angkat. Mereka juga diperkenankan membawa atribut-atribut pendukung.

Ralwin Paudi, selaku Ketua Tingkat (Keting) pada mata kuliah ini, mengungkapkan bahwa dalam menghadapi ujian Retorika dan Public Speaking, selain membutuhkan persiapan yang matang, mereka juga harus memahami aturan public speaking yang ada.

“Sebelum ujian, tentunya kita perlu mempelajari kembali materi serta tips and trick yang telah diberikan oleh dosen kami sebelumnya, Miss Afika. Kami juga harus mampu menampilkan performa excellent secara berkelompok. Oleh karena itu, dalam menghadapi ujian ini juga butuh persiapan berhari-hari sehingga mampu menjawab tantangan Talkshow yang diberikan”, ungkapnya.

Lebih lanjut ia juga mengharapkan agar mendapatkan hasil yang memuaskan dalam ujian kali ini.

“Harapan saya semoga hasil dari ujian ini cukup memuaskan dan terus dilancarkan untuk menghadapi semester-semester berikutnya”, tutupnya.

Penampilan talkshow kali ini, dimenangkan oleh Grup Delta yang terdiri dari 5 mahasiswa. Mereka adalah Maliqha Napu, Yumintha Mohune, Selvi Abdullah, Angriani Nurdin, dan Luthfi Aziz Paputungan. Konsep yang diusung sangat unik, centil, dan bombastis. Penampilan mereka ditutup dengan suguhan nyanyian khas Ariel Noah yang diperankan oleh Luthfi. Setiap anggota dari tim Delta yang menang, berhak mendapatkan hadiah dari Dosen Pelaksana.

UAS Retorika dan Public Speaking dalam bentuk Talkshow seperti ini, bukan pertama kalinya digelar. Tahun sebelumnya juga pernah dilaksanakan oleh dosen Fitrah di Aula Fakultas Ilmu Sosial. Pelaksanaan ini sebagai bentuk implementasi teori yang sudah didapatkan di kelas, agar pembelajaran menjadi menyenangkan.

Fitrah Yusharyani Puluhulawa, S.Sos, M.A atau yang kerap disapa Miss Afika, saat ditemui di Gedung Bersama FIS UNG, menyampaikan rasa bahagianya ketika melihat antusias yang begitu tinggi dari para mahasiswa. Hal ini juga turut serta mendapatkan dukungan dari pimpinan jurusan.

“Saya berharap bahwa penyelenggaraan UAS dengan metode team-based seperti ini, bisa mengasah kreativitas dari setiap individu di Jurusan Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo. Adik-adik selain belajar tentang teori, mereka juga harus bisa mempraktikkan ilmu mereka. Semoga hal ini turut berkontribusi dalam mempersiapkan insan Komunikasi yang unggul dan berdaya saing”, jelas dosen yang juga telah berpengalaman menjadi praktisi di bidang Public Speaking.

Agenda

22 Mei 2024

Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

Jurusan Komunikasi UNG Akan Menggelar Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

17 Januari 2024

Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud

kegiatan Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud di Aula FIS dengan tema "Individual dalam Interaksi Antar Manusia"

17 Januari 2023

Pelaksana Upacara KORPRI

FIS sebagai Pelaksana Upacara Korpri di Lingkungan UNG

4 - 5 Desember 2022

Tracer Study dengan Temu Alumni

Sehubungan kepentingan peningkatan Point IKU maka dipandang perlu mengadakan tracer Study dengan Temu Alumni yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pohuwato pada tanggal 4 s.d 5 Desember 2022