Jurusan Komunikasi UNG Hadirkan Narasumber Handal di Seminar Nasional

Oleh: Wira Pratama Rumambie . 22 Mei 2024 . 09:41:07

FIS UNG (Media Center) - Jurusan Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) membahas “Etika Konten dan Penyiaran di Media Sosial” yang berlangsung di aula FIS, Rabu (22/5/2024).

Dalam seminar ini, Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat, Mohammad Reza, menjelaskan dalam Regulasi KPI, di antaranya Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2005, tentang Penyelenggaraan Lembaga Penyiaran Swasta.

Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2005, tentang Penyelenggaraan Lembaga Penyiaran Komunitas.

Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2005, tentang Penyelenggaraan Lembaga Penyiaran Berlangganan dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2005, tentang Penyelenggaraan Lembaga Publik.

“Ruang lingkup penyiaran berdasarkan Undang-undang yaitu Radio dan TV, sedangkan media baru belum masuk tanggung jawab KPI,” kata Reza.

Reza mengatakan lingkup pengawasan KPI Pusat yaitu, pemantauan dengan menggunakan dua metode, pemantauan langsung dan pengaduan masyarakat, termasuk juga pembagian kewenangan antara KPI pusat dan daerah, literasi dan masyarakat harus kritis terhadap tayangan atau konten.

Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Gorontalo, Verrianto Madjowa, selaku pembanding mengatakan, orang-orang yang hanya berkomentar dengan membaca berbagai informasi dan tayang di media sosial itu bukan konten kreator, akan tetapi komentator konten.

Kreator itu ada yang diciptakan, kata lainnya adalah kreasi atau hasil daya cipta.

“Bagaimana hanya membaca berita atau mengulas satu informasi atau potongan-potongan informasi disebut konten kreator,” kata Verri.

Sementara dalam pengambilan foto atau video melekat hak cipta pengambil gambar maupun orang yang ada dalam gambar. Hak cipta foto dan video bukan hanya pada orang yang memotret atau mengambil gambar.

Konten Kreator Gorontalo, Ryan Gobel, sebagai pembanding 2 memberikan usulan dalam seminar ini “Penyiaran masuk kurikulum SD, SMP, SMA,” ujarnya.

“Saya berharap penyiaran bisa dikenalkan dengan baik kepada anak-anak (siswa),” kata Ryan.

Usulan Ryan dalam seminar dengan moderator Sekretaris Jurusan Komunikasi UNG Abdul Wahab Thomas, untuk kurikulum penyiaran bagi siswa mendapat sambutan baik dari KPI, AMSI Gorontalo dan Jurusan Komunikasi UNG.

Agenda

22 Mei 2024

Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

Jurusan Komunikasi UNG Akan Menggelar Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

17 Januari 2024

Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud

kegiatan Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud di Aula FIS dengan tema "Individual dalam Interaksi Antar Manusia"

17 Januari 2023

Pelaksana Upacara KORPRI

FIS sebagai Pelaksana Upacara Korpri di Lingkungan UNG

4 - 5 Desember 2022

Tracer Study dengan Temu Alumni

Sehubungan kepentingan peningkatan Point IKU maka dipandang perlu mengadakan tracer Study dengan Temu Alumni yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pohuwato pada tanggal 4 s.d 5 Desember 2022