Jurusan Administrasi Publik FIS UNG Gelar Kegiatan Kajian Keilmuan, Kajur AP: Ini perlu dikembangkan oleh kalangan mahasiswa

Oleh: Wira Pratama Rumambie . 31 Agustus 2024 . 19:30:24

FIS.UNG (Media Center) - Jurusan Administrasi Publik (AP), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar kegiatan Kajian Keilmuan terkait Dinamika Politik Nasional dan Tantangan Administrasi Publik di Era Digital.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Dr. Drs. Zuchri Abdussamad, S.I.K, M. Si, Ketua Jurusan Administrasi Publik, Dr. Yakob Noho Nani, S.Pd., M.Si., serta turut menghadirkan seluruh mahasiswa jurusan administrasi publik, termasuk para mahasiswa baru, yang berlangsung di Aula FIS, Sabtu (31/08/24).

Ketua Jurusan Administrasi Publik, Dr. Yakob Noho Nani menyampaikan, bahwa kegiatan diskusi berupa kajian keilmuan ini merupakan salah satu kegiatan akademik yang semestinya perlu dikembangkan oleh mahasiswa.

"Kegiatan ini sangat baik untuk dikembangkan oleh mahasiswa, karena atmosfer akademik dari budaya diskusi itu sudah mulai redup di kalangan mahasiswa, beda dengan mahasiswa dulu di era 60an sampai 80an itu, mahasiswa aktif untuk melakukan kajian-kajian keilmuan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Yakob menambahkan, kajian keilmuan yang berkaitan dengan dinamika politik nasional ini, juga diharapkan agar kalangan mahasiswa dapat menyadari bahwa konteks politik yang berkembang saat ini sudah semakin maju.

"Mahasiswa harus menyadari bahwa konteks politik yang berkembang sudah semakin maju, di mana kebebasan individu berpartisipasi dalam politik itu makin luas, dan bahkan kita lebih bebas dari pada negara-negara maju," jelas Yakob, saat diwawancarai Tim Media Fakultas.

Di lokasi yang berbeda, Ketua Panitia Pelaksana, Siti Nurhaliza Labasir menuturkan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait dengan isu politik dan tantangan administrasi publik di era digital.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa jurusan administrasi publik, terkait isu politik dan juga tantangan administrasi publik di era digital," kata Siti, saat ditemui di Aula FIS usai kegiatan.

Dirinya menambahkan, bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan kajian ini, Kelompok Studi Ilmu (KSI) administrasi publik sengaja menghadirkan mahasiswa baru, untuk dapat mengajak mereka dalam hal menggiatkan kegiatan kajian-kajian keilmuan.

"Harapan saya bagi mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo, terutama jurusan administrasi publik, kiranya dengan adanya kegiatan ini mahasiswa berminat bergabung dengan KSI dan membuat kajian bersama," tutup Siti, mengharapkan.

Penulis : Amdi

Agenda

22 Mei 2024

Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

Jurusan Komunikasi UNG Akan Menggelar Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

17 Januari 2024

Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud

kegiatan Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud di Aula FIS dengan tema "Individual dalam Interaksi Antar Manusia"

17 Januari 2023

Pelaksana Upacara KORPRI

FIS sebagai Pelaksana Upacara Korpri di Lingkungan UNG

4 - 5 Desember 2022

Tracer Study dengan Temu Alumni

Sehubungan kepentingan peningkatan Point IKU maka dipandang perlu mengadakan tracer Study dengan Temu Alumni yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pohuwato pada tanggal 4 s.d 5 Desember 2022