Gelar Workshop Kewirausahaan, FIS UNG Tingkatkan Motivasi dan Kreativitas Mahasiswa

Oleh: Wira Pratama Rumambie . 13 Juni 2024 . 09:56:00

FIS UNG (Media Center) - Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), menggelar kegiatan Workshop Kewirausahaan Mahasiswa di Aula FIS, Kamis (13/06/24).

Pelaksanaan Workshop Kewirausahaan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas mahasiswa di bidang kewirausahaan, khususnya di masing-masing program studi yang ada di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial.

Wakil Dekan III, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Renol Hasan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan langkah awal bagi mahasiswa untuk mengidentifikasi dan mengetahui hal apa yang harus dilakukan sebelum memulai sebuah usaha.

"Ini langkah awal supaya kita bisa mengidentifikasi, kita bisa mengetahui, langkah awal seperti apa yang harus kita lakukan, khususnya di Fakultas Ilmu Sosial," kata Renol, kepada Media Center FIS saat ditemui usai kegiatan.

Renol menambahkan, di masing-masing prodi ada sebanyak 20 proposal yang nantinya akan terkumpul. Selain itu, kata Renol, dari Fakultas sendiri ikut memberikan bantuan sebagai bentuk dukungan kepada mahasiswa yang ingin mengembangkan jiwa kewirausahaannya.

"Jadi ada sekitar 20 proposal yang akan nanti kita gembleng, jadi akan ada bantuan dari fakultas, untuk membimbing dan mengarahkan teman-teman mahasiswa yang memang punya keinginan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaannya mereka," imbuhnya.

Melalui workshop ini, Renol mengharapkan, hal tersebut bukan hanya sebatas seremoni saja, tapi ada implementasi-implementasi dalam bentuk kegiatan kewirausahaan yang dilaksanakan secara nyata.

Ditemui usai kegiatan, Ketua Panitia Workshop Kewirausahaan, Naufal Raffi Arrazaq mengatakan, ada beragam jenis usaha yang turut dikembangkan oleh mahasiswa, baik dalam bentuk makanan atau produk-produk turunan yang ada di sekitar Gorontalo.

"Jenis usahanya ada beragam, baik yang berbentuk makanan atau produk-produk turunan dari yang ada di sekitar Gorontalo. Jadi, kita serahkan ide itu dari mahasiswa yang menggali, kemudian fakultas sifatnya adalah bagaimana memotivasi, mengembangkan dan yang paling penting adalah mendampingi, sehingga skill kewirausahaan itu bisa berkembang," terang Raffi.

Ditambahkan Raffi, dalam berwirausaha ini tentunya memerlukan proses yang panjang terlebih dalam menggali ide dan melihat kondisi yang dinilai berpeluang untuk menjalankan sebuah usaha.

"Ini memerlukan proses dari bagaimana menggali ide. Setelah menggali ide bagaimana melihat peluang di pasaran, kemudian setelah ada produk bagaimana nanti memasarkan, sehingga Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo berupaya bagaimana meningkatkan motivasi dan kreativitas di bidang kewirausahaan untuk mahasiswa," pungkasnya.

Penulis : Amdi

Agenda

22 Mei 2024

Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

Jurusan Komunikasi UNG Akan Menggelar Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

17 Januari 2024

Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud

kegiatan Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud di Aula FIS dengan tema "Individual dalam Interaksi Antar Manusia"

17 Januari 2023

Pelaksana Upacara KORPRI

FIS sebagai Pelaksana Upacara Korpri di Lingkungan UNG

4 - 5 Desember 2022

Tracer Study dengan Temu Alumni

Sehubungan kepentingan peningkatan Point IKU maka dipandang perlu mengadakan tracer Study dengan Temu Alumni yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pohuwato pada tanggal 4 s.d 5 Desember 2022