Gelar Kuliah Umum, Komnas HAM RI Edukasi Mahasiswa UNG Tentang Hak Asasi dan Mekanisme Pengaduan

Oleh: Wira Pratama Rumambie . 29 Mei 2024 . 11:57:15

FIS.UNG - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM) Republik Indonesia (RI) memberikan kuliah umum kepada mahasiswa UNG terkait dengan Hak Asasi Manusia dan Mekanisme Penanganan Pengaduan di Indonesia, di Aula FIS, Rabu (29/05/24).

Dalam kunjungannya di Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Komnas HAM RI turut bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Hukum menggelar Kuliah Umum yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat kampus terkait dengan Hak Asasi Manusia (HAM) serta penanganan pengaduan.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Dr. Zuchri Abdussamad, M. Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kuliah umum yang diberikan langsung oleh Komnas HAM kepada mahasiswa terkait dengan pelayanan pengaduan bersifat sangat penting.

“Kita mendapatkan materi yang tidak kalah pentingnya terkait dengan pelayanan pengaduan melalui kuliah umum yang disampaikan langsung oleh komisioner pengaduan Komnas HAM. Kami dari Fakultas Ilmu Sosial dan dari Fakultas Hukum, sangat memberikan apresiasi kepada tim, dari Sekretariat Jenderal Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia,” ujar Zuchri dalam sambutan.

Dirinya menambahkan, di lingkungan Universitas sendiri juga membutuhkan wadah untuk menangani segala bentuk pengaduan terhadap pelanggaran HAM.

"Untuk proses pengaduan ini saya kira kita butuh wadah. Jadi wadah selain disampaikan tadi, secara online dan seterusnya, nah di Fakultas Ilmu Sosial atau di Fakultas Hukum siap menyediakan semacam lapak atau ruangan yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk pengaduan," tambahnya.

Semetara itu, Komisioner Pengaduan Komnas HAM RI, Hari Kurniawan mengatakan, kedatangannya di universitas ini bertujuan untuk berbagi informasi dan pengetahuan terkait dengan hak asasi manusia.

“Diharapkan di Universitas ada pengetahuan-pengetahuan yang muncul terkait dengan hak asasi manusia, baik dari yang apa kita berikan, ataupun nanti mungkin ada hal-hal yang bisa dikolaborasikan dengan Komnas HAM,” kata Hari, usai memberikan kuliah umum.

Penulis : Amdi

Agenda

22 Mei 2024

Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

Jurusan Komunikasi UNG Akan Menggelar Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

17 Januari 2024

Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud

kegiatan Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud di Aula FIS dengan tema "Individual dalam Interaksi Antar Manusia"

17 Januari 2023

Pelaksana Upacara KORPRI

FIS sebagai Pelaksana Upacara Korpri di Lingkungan UNG

4 - 5 Desember 2022

Tracer Study dengan Temu Alumni

Sehubungan kepentingan peningkatan Point IKU maka dipandang perlu mengadakan tracer Study dengan Temu Alumni yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pohuwato pada tanggal 4 s.d 5 Desember 2022