FIS UNG Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum dan RPS Berbasis OBE Bagi Jurusan

Oleh: Wira Pratama Rumambie . 11 Juni 2024 . 14:05:36

FIS UNG (Media Center) – Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo menggelar Kegiatan Workshop Penyusunan dan Pengembangan kurikulum berorientasi (Outcome Based Education) OBE bagi seluruh jurusan yang dilaksanakan di aula FIS. Selasa (11/6/2024).

Narasumber oleh Prof. DR. Sayama Malabar, M.PD menyampaikan materi soal penyusunan rencanan pembelajaran semester berbasis OBE (RPS OBE), mengatakan alhamdulillah FIS melaksanakan kegiatan workshop pada pagi ini guna pengembangan atau pemutakhiran kurikulum.

Sayama Malabar menjelaskan program studi adalah kesatuan pendidikan yang memiliki kurikulum, jadi kurikulum itu yang memilikinya adalah program studi bahkan didalam akreditasi di kreteria 6 (enam) khusus itu kurang lebih ada 18 (delapan belas) butir yang dinilai ditambah dengan luarannya pada kriteria 9 (sembilan).

“in sha Allah workhsop pada hari ini akan menghasilkan produk karena namanya workshop (bukan working and shoping) tetapi work disini kerja dan kerjanya di tempat. Kami mengharapkan semua prodi-prodi itu sudah memutakhirkan kurikulum sesuai dengan,” ungkapnya.

Selain itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dr. Drs. Zuchri Abdussamad, S,I,K, M.Si dalam sambutannya, menyampaikan bahwa mari bersama-sama dapat melaksanakan kegiatan meningkatkan mutu pembelajaran melalui pembuatan ataupun peninjauan kurikulum.

“in sha Allah akan menghasilkan RPS yang berbasis OBE. Oleh sebab itu, sebagai persyaratan mutu pembelajaran kita harus meninjau kembali kurikulum kita dan juga format rencana pembelajaran semester (RPS) dan terkonek dengan IKU kita”.

Menurut Dr. Zuchri, memang kami yakin dan percaya sebagai dosen pasti memiliki RPS yang sesuai berdasarkan kurikulum pada masing-masing prodi. Dan mungkin juga ada asosiasi yang digunakan, tetapi berdasarkan peraturan menteri kita harus menyesuaikan kurikulum kita dan harus melakukan peninjauan.

“Oleh sebab itu, hari ini kita akan sama-sama mengikuti materi tentang pengembangan kurikulum berbasis OBE. Asumsinya adalah ada 2 (dua) materi kita akan bicarakan yakni kurikulum dan RPS. Perlu kami sampaikan bahwa masing-masing ketua jurusan sudah menyetor kurikulum ke wakil dekan 1 diteruskan ke narasumber dan hari ini kita lihat bersama-sama apakah sudah sesuai dengan format OBE”.

Dekan Dr. Zuchri Abdussamad, juga berharap dapat diikuti materi ini dengan baik karena outputnya adalah RPS. Dan in sha Allah ini menjadi persyaratan kita di semester depan sebelum pembelajaran sudah ada RPS yang berbasis OBE.

Penulis : Ramansyah

Agenda

22 Mei 2024

Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

Jurusan Komunikasi UNG Akan Menggelar Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

17 Januari 2024

Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud

kegiatan Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud di Aula FIS dengan tema "Individual dalam Interaksi Antar Manusia"

17 Januari 2023

Pelaksana Upacara KORPRI

FIS sebagai Pelaksana Upacara Korpri di Lingkungan UNG

4 - 5 Desember 2022

Tracer Study dengan Temu Alumni

Sehubungan kepentingan peningkatan Point IKU maka dipandang perlu mengadakan tracer Study dengan Temu Alumni yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pohuwato pada tanggal 4 s.d 5 Desember 2022