FIS UNG dan Kemenkumham Gorontalo Jalin Sinergi dalam Bidang Pendidikan dan Pelayanan Publik

Oleh: Wira Pratama Rumambie . 10 September 2024 . 16:02:04

FIS.UNG (Media Center) - Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), menerima kunjungan dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Gorontalo, Selasa (10/09/24).

Hadir dalam pertemuan tersebut, Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Dr. Drs. Zuchri Abdussamad, S.I.K, M.Si., Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Yowan Tamu, , S.Ag., MA., Wakil Dekan II Bidang Administrasi Keuangan dan Kepegawaian, Dr. Fenti Prihatini Dance Tui, S. Pd, M.Si., Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo, Dr. Pagar Butar Butar, S.H, M.Si., beserta jajaran Kemenkumham Gorontalo, yang berlangsung di Ruangan WD I FIS UNG.

Kepala Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Pagar Butar Butar mengatakan, dalam kunjungan tersebut pihaknya melakukan diskusi bersama pimpinan fakultas ilmu sosial, untuk membahas mengenai peran dan fungsi yang dilakukan oleh Kemenkumham dalam hal melayani publik.

"Selaku pelayan publik masyarakat, kami tentu mengenalkan diri, di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Oleh karena itu kami datang berdiskusi dengan pak dekan dan jajaran, mengenalkan apa peran, apa fungsi, dan hal-hal apa yang bisa kami lakukan dalam pekerjaan kami dalam pelayanan publik tentunya," ungkap Pagar, kepada Media Center FIS.

Ditambahkan Kakanwil Pagar, dalam kesempatan itu Kemenkumham Gorontalo juga membuka peluang bagi mahasiswa yang ingin melakukan riset, skripsi, tesis, disertasi dalam kapasitas keilmuan hukum dan HAM.

"Kami membuka apabila ada mahasiswa yang mau riset, membuat skripsi, tesis, disertasi, tentu dalam kapasitas keilmuan hukum dan hak asasi manusia yang ada pada fungsi pelayanan di Kemenkumham Gorontalo," imbuhnya.

Lebih lanjut Pagar menambahkan, pertemuan tersebut juga mampu menciptakan sinergi antara lembaga pendidikan pemerintah dan lembaga pelayanan publik.

"Tadi kami sudah sepakat, apa sinergi yang bisa kita lakukan secara implementatif di dalam fungsi pendidikan, dan kami sebagai pelayan masyarakat dalam konteks, UNG sebagai lembaga pendidikan pemerintah dan kami juga melayani pemerintah, melayani masyarakat," pungkas Pagar.

Ditemui usai kegiatan, Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Dr. Zuchri Abdusammad menyampaikan, pada prinsipnya pimpinan fakultas merespon hal-hal yang menjadi harapan dari Kemenkumham Gorontalo.

"Dari pimpinan fakultas merespon apa yang menjadi harapan mereka, dan ini Insya Allah terwujud pada beberapa bulan kedepan, antara lain untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat akademik, kemudian juga ada penilitian dalam bentuk join riset atau mini riset dan itu akan melibatkan mahasiswa," ucap Dekan Zuchri.

"Ini menjadi kunjungan awal dan Insya Allah ini menjadi awal yang baik untuk program kemitraan antara fakultas ilmu sosial, terutama lima prodi bisa berkolaborasi dengan Kementerian Hukum dan HAM," pungkas Zuchri.

Penulis : Amdi

Agenda

22 Mei 2024

Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

Jurusan Komunikasi UNG Akan Menggelar Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

17 Januari 2024

Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud

kegiatan Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud di Aula FIS dengan tema "Individual dalam Interaksi Antar Manusia"

17 Januari 2023

Pelaksana Upacara KORPRI

FIS sebagai Pelaksana Upacara Korpri di Lingkungan UNG

4 - 5 Desember 2022

Tracer Study dengan Temu Alumni

Sehubungan kepentingan peningkatan Point IKU maka dipandang perlu mengadakan tracer Study dengan Temu Alumni yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pohuwato pada tanggal 4 s.d 5 Desember 2022