Dalam rangka Memeriahkan Hari Lahir Pancasila, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan menggelar Lomba Cerdas Cermat Pancasila dengan Tema "Aku, Kamu Kita dan Pancasila"

Oleh: Faizal Tahir . 6 Juni 2022 . 22:51:01

Gorontalo - Tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional yang di tetapkan oleh pemerintah sebagai hari lahir pancasila. Di tetapkannya 1 juni sebagai libur nasional merupakan wujud nyata pemerintah masih peduli terhadap nilai-nilai nasional yang ada di negara indonesia. Hari lahir pancasila punya cerita sejarah tersendiri yang tidak bisa di lupakan oleh semua orang.

Rentetan sejarah yang bisa kita saksikan dimana mana. Facebook, Instagram, Google, dan Youtube adalah media yang sering menguraikan dengan jelas sejarah lahirnya pancasila sampai dengan di tetapkannya sebagai hari libur nasional, momentum ini di manfatkan oleh seluruh masyarakat, organisasi, siswa dan mahasiswa untuk mengenang kembali sejarah di rintisnya pancasila sebagai ideologi bangsa.

Hal ini di menjadi dasar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial untuk menggelar satu kegiatan ormawa dalam rangka memperingati tanggal 1 juni sebagai hari lahir pancasila. 

Kegiatan ini menghimpun seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negri Gorontalo untuk sama sama berpartisipasi. Jefri Wantu selaku Ketua HMJ IHK mengatakan kegitan ini mengusung Tema "Aku Kamu dan Kita Pancasila" dengan maksud menggunakan kata yang mudah di mengerti dan memahami bahwa pancasila untuk kita semua dan untuk Indonesia. Kegiatan ini menghimpun seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negri Gorontalo yang di selenggarakan di Aula x Fakultas Hukum (06/06/2022). Kegiatan ini menampilkan beberapa penampilan minat dan bakat, berupa Tarian, menyanyikan lagu Nasional, puisi, pembacaan biografi pahlawan Gorontalo yaitu Nani Wartabone, dan kegiatan inti yakni lomba cerdas cermat oleh ormawa Fakultas Ilmu Sosial.

"Pertanyaan yang di lemparkan ke masing masing peserta merupakan pertanyaan yang menguji jiwa nasionalis kita sebagai anak bangsa. Hal ini membuat wawasan kita terhadap pancasila bertambah," ungkap Jefri.

Dan pada babak final mempertemukan antara Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan (HMJ IHK) dan Himpuan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM). Kedua tim berjuang dengan keras memperebutkan jawaban yang benar. Perolehan nilai yang tidak jauh berbeda membuat situasi dalam ruangan kian seru. Suara dukungan dari masing masing peserta menambah suasana tegang dalam ruangan. Dan HIMAKOM keluar menjadi juara satu dan HMJ IHK berhasil meraih juara dua pada cerdas cermat tersebut.

Perebutan soal, perebutan juara, dan adu pengetahuan merupakan hal yang biasa dalam kompetisi. Sportifitas merupakan modal utama untuk mengikuti suatu kompetisi dan hal itu berhasil di tampilkan oleh seluruh Ormawa Fakultas Ilmu Sosial. Tetap tanamkan jiwa pancasila dalam sanubari kita semua. Aku Kamu dan Kita semua Pancasila.

Salam Pancasila...Salam Bhineka Tunggal Ika...

 

 

 

 

Agenda

22 Mei 2024

Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

Jurusan Komunikasi UNG Akan Menggelar Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

17 Januari 2024

Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud

kegiatan Kuliah Pakar dengan Bupati Kab. Kepulauan Talaud di Aula FIS dengan tema "Individual dalam Interaksi Antar Manusia"

17 Januari 2023

Pelaksana Upacara KORPRI

FIS sebagai Pelaksana Upacara Korpri di Lingkungan UNG

4 - 5 Desember 2022

Tracer Study dengan Temu Alumni

Sehubungan kepentingan peningkatan Point IKU maka dipandang perlu mengadakan tracer Study dengan Temu Alumni yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pohuwato pada tanggal 4 s.d 5 Desember 2022